Elegant Rose - Help Select

Minggu, 17 November 2013

Makna Filosofi Menurut Leluhur



1. Kantil (Cempaka Putih)
Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil yang khas sangat disukai oleh kuntilanak, sejenis makhlus halus berjenis kelamin perempuan. Kuntilanak, menurut mitos ini, sering menjadikan pohon kantil (cempaka putih) sebagai rumah tempat tinggalnya. Terlepas dari mitos tersebut, kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah baik dalam prosesi perkawinan maupun kematian.

2. Bunga Melati
Bunga melati mempunya berbagai manfaat mulai sebagai bunga tabur, bahan pembuatan minyak wangi, kosmetika, farmasi, karangan bunga, campuran teh hingga menjadi tanaman obat. Bunga Melati lambang kesucian,  kesederhana apalagi dengan warna putih dan bau harumnya. Bunga Melati sering dikaitkan dengan berbagai tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Melati Putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia.

3. Kenanga (Cananga odorata)
Bunga Kenanga bersama Melati dan Mawar digunakan sebagai bunga tabur saat berziarah. Juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman Kenanga mempunyai bunga yang beraroma wangi dan harum sehingga disuling menjadi minyak wangi. Bunga Kenanga (Cananga odorata) juga sering digunakan dalam upacara-upacara adat.
 
4. Mawar
Dengan kehendak atau niat. Menghayati nilai-nilai luhur hendaknya dengan niat. adi niat tersebut harus berdasarkan ketulusan, menjalani segala sesuatu tanpa pamrih  sekalipun pamrih mengharap-harap pahala. Parfum (minyak wangi) dibuat dari minyak mawar yang merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang diperoleh dari proses penyulingan dan penguapan lumatan daun-daun mahkota. Teknik penyulingan mawar berasal dari Persia yang menyebar ke Arab dan India.

5. Mawar Merah
Mawar melambangkan proses terjadinya atau lahirnya diri kita ke dunia fana. Mawar merah melambangkan ibu. Dalam bancakan weton dilambangkan juga berupa bubur merah (bubur manis gula jawa).

 
6. Mawar Putih
Mawar putih adalah perlambang dari bapa yang meretas roh kita menjadi ada. Bapanya adalah Bapa langit, Ibunya adalah Ibu Bumi. Bapanya jiwa bangsa Indonesia, Ibunya adalah nusantara Ibu Pertiwi.


7. Kembang Telon (Tiga Bunga)
Terdiri tiga macam bunga. Bisa menggunakan bunga mawar putih, mawar merah, dan kanthil. Atau mawar, melati, kenanga. Atau mawar, melati, kantil.

8. Kembang Boreh (Tiga Bunga Berwarna Putih)
Terdiri dari tiga macam bunga yang berwarna putih. Yakni kanthil, melati, dan mawar putih. Karena putih di sini melambangkan kesucian dan ketulusan hati

9. Kembang Tujuh Rupa (Tujuh Bunga)
Berupa kembang setaman ditambah jenis bunga-bunga lainnya sampai berjumlah 7 macam.

 

10. Rujak Degan (Rujak Kelapa Muda)

11. Dlingo dan Bengle (Rempah-rempah)

1 komentar: