Elegant Rose - Help Select

Minggu, 03 November 2013

Bunga Nasional Indonesia



     Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Indonesia sendiri memiliki tiga bunga nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4/1993.
Spesies bunga yang ditetapkan sebagai bunga nasional dalam keputusan tadi adalah :
·       Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa,
·       Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona,
·       Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka.

  Ø Melati putih atau Jasminum sambac adalah spesies melati yang berasal dari Asia selatan (di India, Myanmar dan Sri Lanka. Penyebaranya dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu. Bunga ini menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia (sebagai "Puspa Bangsa"). Bunga ini juga menjadi bunga nasional Filipina. Melati putih tumbuh di pekarangan dan dapat digunakan sebagai tanaman pagar. Ketinggiannya dapat mencapai 2 meter.


Ø Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) atau puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Cara hidupnya secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.


  Ø Padma Raksasa (Rafflesia arnoldiitumbuhan parasit obligat yang memiliki bunga berukuran sangat besar, bunga terbesar di dunia. Tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Sejarah penemuannya tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera), Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kab. Bengkulu Selatan, Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia / Bumi Rafflesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar